Sejarah demokrasi Indonesia pengaruhi politik ASEAN

proses perjalanan demokrasi di indonesia dari jatuhnya rezim presiden soeharto pada 1998 sampai sekarang membawa pengaruh penting terhadap kebijakan politik luar negeri negara-negara asean, kata seorang peneliti.

di asean, indonesia konsisten selama mempromosikan demokrasi juga fondasi hak asasi manusia, sesudah mereka bertransformasi, serta itu tidak tidak sulit karena banyak sekali rintangan, kata peneliti politik serta hubungan internasional university of south california donald e. weatherbee pada pemaparan kemajuan politik luar negeri indonesia yang diselenggarakan lembaga persahabatan indonesia-as (usindo) selama jakarta, jumat.

profesor dan menulis buku pertamanya mengenai sikap politik soekarno (1966) ini mengungkapkan jalan berliku indonesia di memulihkan kepercayaan negara-negara sahabat sesudah reformasi 1998.

perjuangan untuk menyelaraskan demokrasi, ujarnya, ditandai dari apa negara ini mencoba mereformasi aspek-aspek penting yang menimbulkan luka bila mengingat era pemerintahan sebelum 1998, seperti keamanan sipil dan hak asasi manusia (ham).

Informasi Lainnya:

pembentukan komisi nasional ham setelah 1998 dan adalah jenis pujian weatherbee, sekalipun baru lebih banyak dulu perhatian properti yang harus langsung diselesaikan.

selain itu, proses penyusunan kebijakan publik dan asalnya hanya menyertakan pemerintah, kini melibatkan ada ahli dalam bidangnya seperti praktisi, ilmuwan juga lain-lain sudah membayarkan lagi kualitas demokrasi dan menghargai azas faedah.

ini menjalankan kepercayaan, dan peluang seluruh negara supaya menjalin hubungan lebih tidak jauh, tidak cuma amerika tapi dan eropa.... serta australia, katanya.

weatherbee menungkapkan usaha-usaha diaplikasikannya demokrasi di indonesia menular ke semua kebijakan juga inisatif perhimpunan bangsa asia tenggara (asean). seperti lahirnya piagam asean 2007 dan membeli anggotanya mesti mematuhi peraturan dan mengandung kualitas demokrasi juga penghargaan terhadap ham.

kemudian, lanjut weatherbee, indonesia dan berkontribusi penuh di pembentukan deklarasi hak asasi manusia asean 2012. terlalu dan di cita-cita pembentukan komunitas asean dalam 2015 dan mempunyai pilar komunitas politik serta keamanan, sosial budaya juga ekonomi.

masuknya kualitas demokrasi asean tak hendak terjadi tanpa demokrasi di indonesia, ujarnya.

namun, diaplikasikannya demokrasi serta tak mudah karena sikap negara-negara asean dan baru resisten.

itu membuktikan ada `lip service` dengan agama asean, ujarnya.

eksistensi indonesia juga terlihat pada kepedulian terhadap negara-negara selama kawasan. dalam konflik rohingya selama myanmar, indonesia berhasil menegaskan sikapnya serta menunjukkan kepedulian.

weatherbee menyampaikan sikap tersebut menjadi indikasi salah Salah satu bukti sifat kepemimpinan indonesia yang tidak mau surut. aku menikmati tersebut sebagai posisi `natural leader`, katanya.