Pejabat Palestina tuduh Israel kuasai sumber air Tepi Barat

seorang pejabat senior palestina menuduh israel merebut juga menguasai sumber air pada wilayah palestina.

shaddad attili, pemimpin dinas pengairan palestina pada tepi barat sungai jordan, menyampaikan terhadap xinhua, kami menunggu presiden mahmoud abbas juga keputusan pemimpin kami untuk mengajukan permohonan terhadap organisasi pbb untuk membahas cengkeraman israel atas sumber air kami.

saya kira keputusan tersebut ditunda agar menyaksikan hasil daripada upaya amerika serikat untuk menghidupkan terserah proses perdamaian timur tengah, yang macet, kata attili, jumat.

air adalah salah Satu masalah paling kontroversial dan rumit diantara israel dan palestina, dan tidak kalah penting dibandingkan melalui masalah lain status permanen seperti jerusalem, permukiman serta pengungsi, tutur pejabat palestina tersebut.

Informasi Lainnya:

pada ketika ini, kami cuma menyeru warga internasional untuk menekan israel untuk memberi izin terhadap rakyat palestina untuk melancarkan proyek pengairan pada wilayah palestina, tutur attili pada xinhua.

ia menunjukan sejak kesepakatan oslo ditandatangani dalam 1993, antara israel dan palestina, israel tidak mengizinkan bagian palestina untuk melancarkan proyek bagaimana pun dan berkaitan dengan pembuatan sumur air serta sistem pembuangan.

semua proyek pengembangan pengairan kami dibekukan secara total, katanya.

sejalan melalui kesepakatan perdamaian peralihan dan ditandatangani, palestina hanya diperkenankan memperoleh 100 juta meter kubik air per tahun. attili menuturkan selama 2013, pemerintah otonomi nasional palestina membeli 50 juta meter kubik air daripada perusahaan pengairan israel, mecorot.

benar-benar ironis kami menggunakan air kami dari isarel hanya karena kami tidak memiliki bidang kendali bagaimana pun atas tanah juga selanjutnya kami tak diperbolehkan menggali sumur air atau menggunakan pompa air, katanya.

menurut organisasi kesehatan dunia, pembagian air terhadap setiap orang mesti sedikitnya berjumlah 100 liter per hari. tapi, orang palestina hanya memperoleh 73 liter air per hari untuk minum, mandi juga mencuci.