Iran-IAEA akan gelar pembicaraan pada 15 Mei

badan tenaga atom internasional (iaea) mengumumkan bahwa putaran kesepuluh pembahasan diantara iran dan iaea ingin diadakan di 15 mei pada wina.

iran juga iaea telah berhadapan pada sembilan putaran pembahasan dari akhir 2011. pertemuan terakhir mereka diadakan dalam ibu kota iran, teheran, pada pertengahan februari.

setelah babak kesembilan pembahasan, deputi direktur jenderal iaea serta kepala departemen perlindungan herman neckaerts menungkapkan, kedua bagian tak mampu mencapai kesepakatan tentang modalitas tetapi iaea berkomitmen supaya melanjutkan pembahasan.

iran juga iaea sudah membahas lebih dari Satu tahun untuk memesan modalitas untuk menjelaskan bagaimana iran harus menjawab pertanyaan iaea mengenai isu kemungkinan dimensi militer (pmd) daripada situs nuklir iran.

Informasi Lainnya:

amerika serikat, rezim israel serta pilihan sekutunya menuduh iran telah salah mengejar lokasi non-sipil dalam program energi nuklirnya.

iran dengan tegas menolak tuduhan itu, dengan alasan bahwa sebagai komitmen penandatangan perjanjian non-proliferasi serta anggota iaea, dia berhak untuk mencari teknologi nuklir supaya objek wisata damai.

selain tersebut, iaea sudah mengerjakan berbagai inspeksi fasilitas nuklir iran, ternyata tidak sudah mendapatkan bukti yang menunjukkan bahwa website energi nuklir teheran sudah dialihkan ke arah objek wisata militer, demikian laporan irna.