India optimis sengketa dengan China bisa diselesaikan

perdana menteri india manmohan singh, sabtu, menyampaikan ia yakin sengketa perbatasan menyangkut sebuah aksi penyerbuan tentara china bisa diselesaikan, tutur kantor berita press trust of india (pti).

itu adalah Salah satu masalah daerah, kami yakin tersebut mampu diselesaikan, kata singh dan dikutip kantor berita itu setelah tentara china dituduh memasuki daerah yang disengketakan pada ladakh awal bulan ini.

india dan china mempunyai Salah satu perbatasan dan disengketakan, serta hubungan mereka sering terganggu sejak perang perbatasan tahun 1962. penyerbuan dan dituduh tersebut merupakan Satu ketegangan baru diantara dua negara asia yang bertetangga itu.

pernyataan singh tersebut dikemukakan setelah menteri pertahanan india shashi kant sharma menyampaian Satu laporan mengenai insiden itu pada pengawas parlemen, jumat, di mana media lokal mengatakan ia menuduh tentara china memasuki hampir 20 kilometer ke di wilayah yang diklaim menjadi teritori india.

Informasi Lainnya:

pernyataan perdana menteri tersebut, pertama dan disampaikannya mengenai sengketa tersebut, mengulangi pernyataan-pernyataan kaum menteri pemerintah yang lain yang mengabaikan penyerbuan pada bagian barat wilayah ladakh pada kashmir yang dimengerti india dan menegaskan masalah tersebut bisa diselesaikan dengan damai.

kami telah memiliki Salah satu rencana, kami tak mau memperbesar situasi tersebut, papar singh, tidak mengajarkan lebih jauh.

menurut para pejabat di new delhi, Salah satu peleton pasukan china mengembangkan Salah satu kamp di selama daerah india tersebut pada 15 april.

menteri luar negeri india salman khurshid awal pekan ini mengumumkan ia ingin bertolak ke china di 8 mei, juga menungkapkan kedua negara memiliki kebutuhan bersama tak mengizinkan sengketa itu merusak hubungan sudah mengalami kemajuan dalam masa berlarut.

perundingan-perundingan tingkat perwira militer yang lebih rendah sejauh ini gagal memenangkan kemacetan selama melaksanakan sengketa itu.