Pengamat: dialog harus terus diupayakan di Suriah

dialog antara kelompok oposisi serta rezim dan berkuasa dalam suriah adalah langkah jangan dilupakan serta paling memungkinkan untuk melaksanakan konflik juga menciptakan perdamaian di negara itu, papar peneliti lipi hamdan basyar.

selain diskusi, paling mungkin sikap berbesar hati presiden bashar al-assad supaya lengser, kata hamdan saat dikontak di jakarta, selasa.

menurut hamdan, kedua pihak -- oposisi serta rezim presiden bassar -- sekarang terus mengumpulkan kekuatan melalui melancarkan diplomasi ke negara-negara lain. liga arab telah memberi dukungan kepada oposisi selama konferensi tingkat tingginya di akhir maret kemarin.

namun, ujarnya, upaya oposisi untuk memperoleh pengakuan daripada pbb, ingin besar karena tekanan daripada rusia juga china, untuk pendukung utama presiden bashar.

hamdan mengatakan oposisi cuma ingin mendapat dukungan ada negara-negara arab, tapi tak dalam pbb, terutama dalam saat sidang majelis umum pbb pada september mendatang.

Informasi Lainnya:

kursi dalam pbb masih ingin milik bashar, rusia memiliki kekuatan pada pbb, ujarnya.

rusia, dan dan anggota komite mandat majelis umum, telah secara penuh menungkapkan tekadnya agar menghadang cara diplomasi oposisi suriah ke pbb.

pada akhir maret duta besar rusia untuk pbb vitaly churkin menungkapkan pengakuan kepada oposisi suriah mau melemahkan posisi pbb dalam mata dunia.

konflik dan sudah berkepanjangan ini memang mesti segera dituntaskan, rakyat suriah menanti legowo bashar dan dan paling utama banyak dialog untuk rekonsiliasi, kata hamdan.

hamdan mengatakan kini pbb juga kesulitan agar menyelesaikan konflik ini. semua langkah dewan keamanan pbb, yang mengecam bashar karena pertumpahan darah dan terjadi, telah tiga kali diveto oleh china serta rusia.

dunia menunggu dialog perdamaian, resolusi pbb dan mengecam bashar telah diveto selalu, aksi pbb selanjutnya hendak memperoleh tekanan daripada rusia, katanya.

direktur diplomasi indonesia center for democracy, diplomacy and defense (ic3d), jakarta, ludiro madu, dan dihubungi dengan terpisah menyampaikan Jawaban politik damai lebih dibutuhkan ketimbang sekadar dukungan negara-negara liga arab terhadap grup oposisi suriah.

menurut ludiro, diplomasi regional liga arab perlu diarahkan di upaya-upaya menemukan opsi-opsi perdamaian bagi suriah.

perang saudara berkepanjangan antara bagian oposisi melalui pemerintahan presiden bashar mesti segera diakhiri demi mengurangi korban pada diantara penduduk suriah.

berbagai negara dan mengatakan dukungannya agar terwujudnya diskusi perdamaian di suriah. aljazair juga bahrain mengatakan dialog merupakan satu-satunya penyelesaian terhadap krisis pada suriah.

untuk menyelesaikan krisis suriah, tak dapat diselenggarakan atas inisiatif negara arab (qatar juga arab saudi), turki, israel, amerika serikat serta barat (inggris juga prancis) yaitu dengan mengucilkan presiden bashar.