Akademisi: kandidat tentukan partisipasi masyarakat dalam pemilu

para kandidat yang berkembang pemilihan publik mendatangkan partisipasi warga selama pesta demokrasi itu, papar dosen fakultas hukum universitas islam indonesia yogyakarta anang zubaidy.

oleh sebab itu partai politik (parpol) harus mencari calon `yang laku dijual` selama hadapan masyarakat, ujarnya di seminar menciptakan pemilu yang demokratis di indonesia tahun 2014, di yogyakarta, sabtu.

pada posisi tersebut, menurut dia, peran parpol sangat bermanfaat mengingat pintu pencalonan merupakan anggota dpr serta presiden dan wakil presiden harus melalui parpol.

berkaitan dengan keuntungan tersebut parpol mesti mampu menghadirkan sosok dijadikan wadah pendidikan politik dan bagus terhadap rakyat, bukan sekadar mesin mobilisasi massa, katanya.

Informasi Lainnya:

ia menyatakan, parpol juga harus memperkuat basis ideologinya, bukan semata bersifat pragmatis. saat ini dan terjadi merupakan surplus persentasi parpol tetapi defisit di basis ideologi dan digarap.

jumlah parpol ada tetapi karakter Satu parpol melalui parpol lainnya tak jauh berbeda serta hampir seragam, kata kepala divisi kerja sama juga publikasi pusat pendidikan hukum konstitusi (pshk) universitas islam indonesia (uii) itu.

menurut dia, parpol dan harus mampu memastikan penduduk pemilih bahwa calonnya merupakan sosok dan berintegritas, jujur, juga siap memegang teguh amanah.

kenyataan kiranya banyak kader parpol ikut serta selama jumlah korupsi dan pelanggaran hukum hendak ikut memberi kontribusi dalam meningkatnya jumlah golput sebab kepercayaan penduduk menurun, katanya.

ia menyatakan, sistem pemilu juga memberi pengaruh kepada dimanfaatkan atau tidaknya hak pilih masyarakat. sistem pemilu dan menutup ruang kreativitas masyarakat supaya berpartisipasi berpenagruh pada digunakan ataupun tidaknya hak ambil.

contohnya, jika parpol tidak dapat menghadirkan kandidat pemimpin yang mampu mengikuti harapan warga, dengan begini pintu bagi calon independen harus dibuka.

melalui calon independen diinginkan grup penduduk dan tidak terakomodasi kepentingannya selama Satu parpol tertentu dapat terakomodasi dengan calon independen, katanya.