TKI mulai serbu Kanada

tenaga kerja indonesia, meliputi pembantu properti tangga juga pekerja perkebunan, mulai menyerbu kanada, karena permintaan terus meningkat dan cukup sulit. sudah baru pekerja dalam sektor domestik.

awalnya, banyak penduduk hongkong dan taiwan yang pindah ke toronto. pembantunya wni dibawa pindah ke situ. pada kemudian hari, prt indonesia pindah ke majikan dan lain pada toronto.

mulailah mereka merekrut teman-temannya daripada hongkong, taiwan dan indonesia untuk bekerja selama toronto serta propinsi lainnya pada kanada, tutur konsul jenderal indonesia pada toronto, julang pujianto, minggu.

menurut dia, selama kanada dapat pembantu pindah ke majikan lain, beda dengan negara lain, selama antaranya malaysia, singapura, hongkong juga taiwan.

Informasi Lainnya:

selain tersebut, gaji pembantu selama kanada jauh lebih besar dibandingkan negara-negara penerima tki lainnya. gaji prt selama kanada standarnya 10,5 dolar kanada/perjam. sama dengan rp100.000 per produk, ujarnya.

itulah yang mendorong prt selama kanada baik teman-teman yang bekerja di hongkong, taiwan atau selama indonesia supaya bekerja pada situ.

di kanada, perlindungan tenaga kerja sangat kuat. majikan yang mesti membayari keberangkatan pembantu daripada negaranya sampai ke kanada. pokoknya tak boleh ada beban biaya terhadap pembantu, tegas konjen.

prt indonesia sementara berhasil mengambil hati majikan kanada. kaum majikan suka melalui prt indonesia karena pekerja yang rajin, patuh di majikan juga aturan, serta tak banyak komplain, papar pujianto.